Cara Warga Polewali Mandar Peringati Hari Pahlawan

Polewalimandar.net [Polman/11/11/2017]. – Ratusan warga Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menggelar kirab atau pawai obor sambil berjalan kaki ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Bambu Runcing, Kamis (9/11/2017) malam, untuk memperingati Hari Pahlawan.

Peringatan ini juga dimeriahkan dengan pembacaan puisi dan aksi teatrikal yang dilakukan oleh para mahasiswa dari Universitas Negeri Makassar (UNM). Aksi teatrikal itu tentang kisah perjuangan parapahlawan dalam meraih kemerdekaan.

Guyuran hujan deras tidak menyurutkan semangat para peserta melakukan pawai obor sejauh tiga kilometer yang dimulai dari kantor Lurah Polewali Mandar hingga ke TMP Bambu Runcing di Kecamatan Binunag, Polewali Mandar, Kamis malam.

Para peserta pawai berasal dari Komunitas Jalin Peduli, Forum Bela Negara, mahasiswa UNM, aparat TNI-Polri, anak-anak dari para veteran, serta segenap komponen masyarakat.

Kepala Kementerian Pertahanan Sulbar, Kolonel Drs Rudianto, MSi mengatakan, pawai obor ini membawa pesan bahwa kemerdekaan yang diraih para pahlawan kita tidak datang begitu saja, tetapi melalui perjuangan yang mengorbankan segenap jiwa raga tanpa pamrih untuk meraih kemerdekaan negara Republik Indonesia.

“Jadi ini untuk mengingatkan kembali bahwa kemerdekaan yang telah diraih bukan diberikan dengan hadiah, tapi kita rebut dengan perjuangan dan tetesan darah” ujar Rudianto.

Rudianto mengajak kepada semua komponen bangsa dan generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif dan memberi sumbangsih kepada orang banyak.

Dia juga berharap generasi sekarang bisa berkontribusi positif dalam membangun Kota Polewali sebagai bagian dari Sulbar dan NKRI yang harus terus dijaga.

Please follow and like us:
0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*