Kerajinan Tangan Khas Polewali Mandar Berupa Sarung Tenun

Polewalimandar.net [Polman/11/11/2017]. – Indonesia adalah salah satu negara dengan memiliki banyak kesenian dan potensi yang tersimpan didalamnya. Kesenian dan potensi yang dimilikinya tersebar dari sabang hingga merauke. Anda bisa menemukan banyak keindahan yang didapatkan. Setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki potensinya masing-masing. setiap daerah memiliki kesenian tradisional, pakaian adat, makanan tradisional dan berbagai hal lainnya yang berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. propinsi sulawesi barat sendiri mempunyai keajaiban dibandingkan dengan daerah lainnya yang ada di Sulawesi.

Selain potensi alam, terdapat banyak keajaiban lainnya yang ada di Sulawesi barat. Salah satunya adalah Polewali mandar yang merupakan kabupaten di sulbar. Masyarakat yang ada di polewali mandar sendiri memiliki banyak seni budaya yang indah dimana seperti keindahan dari panorama alamnya. Pengrajin yang ada di daerah tersebut mampu dalam membuat adanya kapal sandeq dimana bisa mengarungi lautan secara cepat. Wanita yang ada di polewali mandar juga bisa membuat salah satu dari karya yang khas dari mandar dimana bentuknya sendiri sangat menakjubkan berupa lipaq saqbe. Ada banyak kerajinan tangan khas polewali mandar lainnya yang juga tidak kalah indah.

Salah satu kerajinan tangan yang ada di polewali mandar adalah lipaq saqbe atau juga dikenal dengan nama sarung tenun sutera dari mandar. Biasanya para wisatawan baik lokal maupun asing akan mencari sarung tenun tersebut untuk dijadikan sebagai oleh-oleh setelah menghabiskan waktu liburan di polewali mandar. Kain tentun sarung tersebut mempunyai ciir yang khas berupa menggunakan warna yang terang serta cerah.

Warna yang biasa digunakan seperti misalnya kuning serta merah. Desian yang dimilikinya berupa garis geometri lebar. Ada banyak pola sederhana lainnya, tetapi benang emas serta benang perak yang merupakan bahan dasar untuk membuat kain sutra tesebut membuatnya menjadi semakin kelihatan istimewa serta indah. Anda bisa menemukan banyak kerajinan tangan khas polewali mandar lainnya untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Sarung tentun tersbeut adalah salah satu dari kain sutra yang paling halus yang ada di nusantara.

Yang harus diketahui bahwa kain sutra tersebut bukan lah kain sutra biasa yang mana dapat digunakan dalam berbagai kegiatan sehari-hari. Tetapi kain tersebut seperti kain ulos, yang merupakan klhas dari suku batak yang ada di sumatera utara dimana hanya boleh untuk digunakan di acara-acara yang tertentu. Sarung tersebut hanya bisa digunakan pada acara-acara seperti misalnya acara nikahan, upacara adat, keagamaan sertya bisanya digunakan untuk dipakai saat solat jumat ke masjid. Lipaq saqbe sendiri mempunyai dua motif berbeda, kedua motif tersebut adalah bunga serta sure. Anda bisa mencari mengenai Kerajinan Tangan Khas Polewali Mandaryang lain untuk bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Please follow and like us:
0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*