Makanan Khas Polewali Mandar yang Unik dan Lezat

Polewalimandar.net [Polman/12/11/2017]. – Indonesia dengan berbagai keberagamannya memiliki potensi wisata yang sangat besar. setiap daerah yang tersebar dari sabang hingga merauke memiliki ciri khasnya masing-masing. dari mulai pakaian adat, rumah adat, hingga makanan tradisionalnya yang tentunya membuat banyak wisatawan baik lokal maupun asing ingin mencicipinya satu persatu. Setiap makanan tradisional yang ada di setiap daerah memiliki citra rasa yang kaya akan rempah dan juga unik. Makanan tradisional tersebut akan berbeda dari satu daerah dengan daerah yang lainnya.

Anda bisa menikmati setiap makanan tradisional yang ada di setiap daerah di Indonesia dengan cara mengunjunginya satu per satu. Dengan begitu Anda bisa merasakan bagaimana kaya budaya yang dimiliki oleh Indonesia. salah satu daerah yang kaya akan budaya adalah polewali mandar. Polewali mandar sendiri adalah sebuah kabupaten yang ada di Sulawesi barat. Daerah ini memiliki banyak budaya yang unik dimana tidak bisa ditemukan pada daerah lainnya ada banyak Makanan Khas Polewali Mandar yang tentunya akan sangat sayang dilewatkan jika Anda berkunjung ke daerah tersebut.

Polewali mandar tentunya juga memiliki keberagaman budaya seperti daerah lainnya di Indonesia. salah satu yang bisa Anda nikmati adalah aneka makanan khas polewali mandar. Berikut ada beberapa daftar makanan khas yang ada di polewali mandar dimana bisa Anda nikmati dan rasakan kelezatannya :

  • Apang

Makanan khas yang pertama adalah apang yang merupakan kue khas dari makasar sulawesi barat. Bentuknya sendiri adalah persegi tiga. Warna dari kue tersebut adalah cokelat. Bahan dasar pembuat dari kue khas ini yaitu gula aren. Apang sendiri terdiri dari tepung beras dimana dikukus pada atas cetakan. Kue tersebut dicampurk bersama tuak manis dimana adonannya jadi mengembang dengan sempurna

  • Paso

Makanan khas yang selanjutnya yaitu kue tradisionalnya yaitu paso. Di dalam bahasa mandar sendiri paso artinya adalah paku. Kue paso sendiri ujungnya lancip. Kue tersebut favorit dikarenakan rasa yang dimiliki sangat luar biasa. Kue paso sendiri dibuat dari tepung beras, yang kemudian dicampur dengan gula aren yang cair, dan juga santan. Adonan dari kue tersebut kemudian dimasukkan pada cetakan yang terbuat dari daun pisang dmana memiliki bentuk topi ulang tahun. kemudian kua tersebut dikukus dalam panci dimana telah dipasangi adanya penyangga yang dibuat dari sebuah batang pisang

  • Bolu paranggi

Makanan khas lainnya adalah bolu paranggi. Bolu tersebut mirip dengan mangkok yang ukurannya mungil. Ukurannya sendiri seperti kepalan tangan seorang balita.

Berbagai Makanan Khas Polewali Mandar tentunya sangat unik dan juga enak untuk dinikmati. Anda bisa menikmatinya saat berkunjung ke polewali mandar.

Please follow and like us:
0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*