Sejarah Singkat Tentang Polewali Mandar yang Harus Dibaca

Polewalimandar.net [Polman/14/11/2017]. – Sulawesi barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau sulawesi. Ada banyak keunikan yang bisa dilihat dari provinsi tersebut. salah satu kabupaten yang ada di sulawesi barat adalah polewali mandar. Polewali mandar sendiri adalah kabupaten dengan keragaman yang tentunya berbeda dibandingkan dengan daerah lainnya. ada banyak potensi budaya dan wisata yang bisa dikembangkan melalui daerah tersebut. ada banyak hal yang bisa dikembangkan dari kabupaten tersebut. banyak masyarakat Indonesia yang mungkin masih belum mengetahui mengenai sejarah singkat tentang polewali mandar.

Sekarang ini ada banyak sumber yang bisa dibaca seperti buku, majalah, koran atau juga bahkan internet dimana Anda bisa membaca mengenai berbagai sejarah suatu daerah yang ada di Indonesia. karena indonesia sendiri merupakan sebuah negara kepulauan yang memiliki banyak potensi yang ada di setiap daerahnya. Masih banyak daerah di Indonesia yang belum tereksplor dengan baik. Oleh karenanya sebagai warga negara Indonesia kita harus peduli dengan banyaknya potensi yang dimiliki oleh Indonesia.

Sebelum dikenal sebagai polewali mandar, daerah tersebut juga disebut dengan daerah tingkat II yang ada di provinsi sulawesi barat. Jumlah dari penduduknya adalah kurang lebih 455.572 orang. Ibukotanya sendiri yaitu polewali dimana jaraknya adalah 246 kilometer dari sebuah kota makasar yang ada di sulawesi selatan. Sebelum bernama polewali mandar, daerah tersebut dikenal sebagai kabupaten dengan nama polewali masa atau juga disingkat dengan polmas dimana secara administratidnya ada pada wilayah dari sulawesi selatan. Banyak orang yang masih mencari mengenai sejarah singkat tentang polewali mandar.

Daerah tersebut dimekarkan dimana berdirinya sebuah kabupaten yang disebut sebagai mamasa dimana merupakan kabupaten yang tersendiri, nama dari polewali mamasa kemudian diganti jadi polewali mandar. Nama tersebut diresmikan tepatnya sejak 1 januari tahun 2006 dimana setelah adanya penetapan dengan bentuknya PP Nomor 74 pada tahun 2005 yaitu tepatnya pada 27 desember 2005 mengenai perubahan nama dari kabupaten polewali mamasa jadi kabupaten polewali mandar.

Kabupaten polewali mandar sendiri merupakan lima dari kabupaten yang ada pada sulawesi barat dimana dibentuk dengan dasarnya adalah Undang Undang no 26 pada tahun 2004. Kabupaten tersebut adalah hasil dari pemekaran ex daerah swatantra atau afdeling mandar yang dibagi jadi tiga kabupaten atau juga daerah tingkat II yang dimekarkan dengan dasarnya adalah Undang Undang No 28 tahun 1959. Dasar dari Undang undang no 11 tahun 2002 mengenai pembentukan dari 22 kabupaten atau juga kota bar yang ada pada seluruh provinsi yang ada. itu lah tadi sejarah singkat tentang polewali mandar yang bisa Anda ketahui.

Please follow and like us:
0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*