Bawaslu Kumpul Panwas Kabupaten se-Sulbar, Diajari Buat Ini

Polewalimandar.net [Mamuju/03/12/2017]. – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), kembali mengumpulkan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten se-Sulbar di ruangan rapat kantor Bawaslu, Jl Pontiku, Kelurahan Rimuku, Kecamatan Mamuju, Sulbar, Jumat (1/12/2017).

Ketua Bawaslu Sulbar, Sulfan Sulo, mengatakan ada enam kabupaten di Sulbar yang diundang sekaitan dengan sosialisasi dalam rangka meminimalisir pelanggaran pemilu, utamanya pada Pilkada serentak Polman dan Mamasa 2018 dan Pemilu 2019.

“Mereka diundang rapat dalam rangka pembuatan konten media sosialisasi pengawasan dan identifikasi potensi pelanggaran,” katanya.

“Pembuatan konten media sosialisasi pengawasan ini sangat penting untuk kemudian dipasang ditempat-tempat strategis yang mudah dilihat dan dibaca oleh masyarakat, apalagi tahapan Pilkada Polman dan Mamasa sudah berjalan,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, identifikasi potensi pelanggaran yang berpotensi menjadi kerawanan pelanggaran dalam konteks Pilkada serentak adalah praktek politik uang, netralitas ASN, peserta pemilu, masyarakat pemilih, dan Penyelenggara Pemilu.

Itulah alasan sehingga Bawaslu menghadirkan Panwas untuk merumuskan konten media sosialisasi bergambar lengkap dengan tulisan agar lebih mudah dimengerti oleh semua lapisan masyarakat.

Anggota Bawaslu Sulbar Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Supriadi Narno, menuturkan media sosialisasi yang akan dibuat, seperti berupa banner dan gambar dengan kalimat sederhana yang mudah dipahami.

“Dengan media sosialisasi seperti ini diharapkan dapat mengurangi pelanggaran pada Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Sulbar Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran, Ansharullah A Lidda mengatakan bahwa pembuatan media sosialisasi yang nantinya akan dipasang di area strategis di enam kabupaten.

“Pengawas melalui media sosialisasi itu secara tidak langsung sebenarnya telah melakukan pencegahan, dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawal dan mengawasi Pilkada, serta mengimbau agar menyalurkan hak pilihnya sesuai keinginannya,” tambahnya.

Please follow and like us:
0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*