3,317 Warga Pulau Karampuang Mamuju Akhirnya Nikmati Listrik

Polewalimandar.net [Mamuju/11/12/2017]. – Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar (ABM) meresmikan dua dari empat proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Karampuang, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Jumat (8/12/2017).

Peresmian dua PLTS bantuan pemerintah Amerika Serikat itu dihadiri Deputi Pendanaan Kementerian Pembangunan Nasional, Kennedy Simanjuntak. Proyek PLTS ini merupakan proyek Kemakmuran Hijau Millennium Challenge Account (MCA)- Indonesia yang juga program dalam perjanjian Compact.

Perjanjian hibah bilateral antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Amerika Serikat, yang bertujuan untuk mendukung komitmen pemerintah Indonesia dalam pembangunan ekonomi rendah karbon. Instalasi dua dari empat proyek listrik dari energi terbarukan yang diresmikan ini, ditempatkan di Dusun Karampuang I (PLTS I) dibangun di atas tanah seluas 2.392 m2, berkapasitas 201,6 kWp.

Dan di Dusun Karaeang (PLTS-2) dibangun di atas tanah seluas 1.890 dengan kapasitas 115.2 kWp. Sementara itu, PLTS III  terletak di Dusun Ujung Bulo dan PLTS IV yang terletak di Dusun Karampuang II. Keseluruhan proyek ini diharapkan akan rampung dan mampu menyediakan listrik tenaga surya dengan kapasitas total 598 kWp dari empat titik ini.

Pulau Karampuang yang memiliki luas 6 Km persegi dan memilik penduduk sekitar 3,317 orang atau 784 kepala keluarga dari 11 dusun, Mereka bermata pencaharian nelayan dan pedagang antar pulau. Mereka memperoleh listrik bersumber dari generator atau mesin dari Pukul 18.00 Wita hingga pukul 22.00 Wita.

Please follow and like us:
0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*