Baswaslu RI Sebut Tingkat Pelanggaran Pemilukada di Polman cukup Tinggi

Polewalimandar.net [Polman/23/12/2017]. – Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Polewali Mandar, Suaib Alimuddin mengatakan, berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Bawaslu RI, Kabupaten Polman termasuk wilayah yang tingkat kerawanan pelanggaran pemilu cukup tinggi.

Suaib menilai, hal tersebut merupakan tantangan berat baginya, apalagi kedepannya, Polman akan menghadapi dua pemilihan, yaitu; Pilkada Bupati dan pemilihan legislatif, sehingga pihaknya pun dituntut untuk konsentrasi penuh dalam mengawasi jalannya pesta demokrasi, agar pelanggaran-pelanggaran Pilkada yang pernah terjadi sebelumnya, tak terulang lagi.

“Olehnya itu, saya mengajak semua elemen masyarakat untuk mengawal jalannya proses demokrasi di Polman, dan memilih pemimpin yang betul-betul sesuai dengan mekanisme yang ada,” kata Suaib saat acara sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif di Hotel Lilyanto Kamis, 21 Desember 2017.

Tak hanya itu, di tempat yang sama, alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Alauddin Makassar ini, juga menghimbau kepada penyelenggara, Aparat Sipil Negara (ASN) serta Kepala Desa (Kades) agar senantiasa bersikap netral, meski tak bisa dipungkiri, mereka punya dukungan di Pilkada Polman.

Sementara itu, Divisi Penindakan Bawaslu Sulbar, Ansharullah menambahkan, bahwa fokus utama pengawasan Bawaslu adalah ASN, Kades dan pejabat negara.

Ansharullah mengatakan, jika dibandingkan dengan Kabupaten Mamasa yang juga akan menggelar Pemilukada di Sulbar tahun depan, maka Bawaslu provinsi menilai tingkat kerawanan Pemilukada sangat berpotensi terjadi di Kabupaten Polman.

Alasannya, selain karena jumlah penduduknya besar, di wilayah tersebut juga terdapat petahana yang akan kembali maju di Pemilukada Polman, dan tidak menutup kemungkinan, kekuasaanya sekarang digunakan untuk meraup suara sebanyak-banyaknya.

“Dan bisa saja kekuasaannya sekarang digunakan untuk meraup suara sebanyak-banyaknya,” ungkap Ansharullah.

Please follow and like us:
0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*