Bahaya…! Cahaya Lampu Saat Tidur Malam, Rentan Diabetes

Butuh Mobil Baru, Hubungi Dealer Resmi Suzuki Mobil Polman – Sulbar

Bahaya Tidur Malam Saat Lampu Menyala

polewalimandar.net – Jika kamu sering tidur di sofa sambil menonton televisi atau lebih suka menyalakan lampu kamar saat tidur malam, maka kamu harus segera menghentikan rutinitas tersebut karena secara tidak sadar membahayakan kesehatan.

Dilansir dari Times of India, tidur di ruangan gelap lebih disarankan karena cahaya dapat memengaruhi kualitas tidur. Paparan cahaya membuat pikiran dan tubuh tetap terjaga, bahkan di malam hari sehingga mengganggu ritme sirkadian tubuh kamu.

Tidur di ruangan terang di malam hari dapat mengubah jam tidur internal tubuh. Tetapi sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, bahwa melakukan hal ini dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.

Studi yang dilakukan Northwestern University dan dipublikasikan dalam Journal Sleep mengungkapkan bahwa tidur di ruangan terang dapat membuat kamu rentan terhadap diabetes. Pada penelitian tersebut, para peneliti melibatkan 20 sukarelawan dewasa sehat berusia antara 18 hingga 40 tahun untuk melakukan penelitian ini.

Pada malam pertama, mereka diminta untuk tidur di ruangan yang gelap gulita. Pada malam kedua, setengah dari sukarelawan diminta tidur di ruangan gelap yang sama dan separuh kedua di kamar yang terang.

Para peneliti berhasil mencatat tanda-tanda vital, aktivitas gelombang otak, gerakan kaki, dan mata semua sukarelawan saat mereka tidur. Mereka bahkan mengambil sampel darah setiap jam untuk mengukur kandungan melatonin (hormon yang membantu mengendalikan jam internal kamu) dari sukarelawan dalam tidur mereka. Sementara, di pagi hari para peneliti melakukan tes toleransi glukosa pada semua sukarelawan.

Hasilnya, ditemukan bahwa tidur di bawah cahaya terang dapat meningkatkan resistensi insulin pada seseorang, yang dapat menyebabkan diabetes. Selain itu, ditemukan juga bahwa kualitas tidur yang buruk juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan obesitas. Meskipun, penelitian ini hanya pendahuluan, tetapi cukup untuk menunjukkan bahwa tidur di ruangan terang bukanlah pilihan yang sangat baik. [NN]

sumber : https://life.trubus.id/baca/28457/cahaya-lampu-saat-tidur-membuat-rentan-diabetes

Please follow and like us:
error0

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*