Update Segera, Ditemukan Virus Berbahaya Di WhatssApp

Butuh Mobil Baru, Hubungi Dealer Resmi Suzuki Mobil Polman – Sulbar

PolewaliMandar.Net – Aplikasi pesan instant WhatsApp baru ini telah meluncurkan update untuk aplikasi miliknya, baik itu dalam platform Android maupun iOS. Hal ini karena telah ditemukan sebuah Spyware Jahat yang ternyata terinstall didalam aplikasinya.

Diduga, Spyware yang terinstall dalam WhatsApp ini dikembangkan oleh perusahaan Intelijen Cyber Israel yang bernama Pegasus, NSO Group yang berasal dari Israel. Seperti yang dilaporkan oleh laman The Finansial Times, jika virus tersebut bisa di install secara otomatis dengan memanfaatkan buh yang terdapat dalam panggilan audio dari WhatsApp.

Setelah terinstall, Spyware ini memungkinkan mereka bisa menghidupkan kamera dan mikrofon smartphone otomatis, memindai pesan atau email, sehingga para pelaku ini nantinya bisa mengumpulkan informasi pribadi pengguna tanpa disadari.

Copyright©Engadget

Anak perusahaan Facebook ini mengatakan, jika sejumlah kecil pengguna WhatsApp jadi sasaran Spyware yang dikembangkan oleh Pegasus tersebut. Namun beruntung, pihak WhatsApp dengan sigap langsung mengatasi masalah tersebut dan mendesak pengguna untuk segera memperbarui aplikasi WhatsApp miliknya dan menutup celah keamanan tersebut.

“WhatsApp mendorong orang untuk meningkatkan ke versi terbaru dari aplikasi kami, serta menjaga sistem operasi seluler mereka tetap mutakhir, untuk melindungi terhadap eksploitasi potensial yang ditargetkan yang dirancang untuk mengkompromikan informasi yang disimpan pada perangkat seluler,” kata pihak WhatsApp dikutip dari laman Bejagadget.

Dan pihak WhatsApp ini juga menambahkan, jika setidaknya butuh waktu kurang dari sepuluh hari untuk mencerminkan perubahan pada sistemnya tersebut nanti. Berikut sejumlah versi WhatsApp yang terdampak serangan Spyware tersebut :

  • WhatsApp Android sebelum v2.19.134
  • WhatsApp Business Android sebelum v2.19.44
  • WhatsApp iOS sebelum v2.19.51
  • WhatsApp Business iOS sebelum v2.19.51
  • WhatsApp Windows Phone sebelum v2.18.348
  • WhatsApp for Tizen sebelum v2.18.15

 

sumber : https://smeaker.com/64284/buruan-update-ditemukan-virus-berbahaya-dalam-whatsapp-versi-lama/

Please follow and like us:
error0

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*