KPU RI Melanjutkan Rekap Di 5 Provinsi Tersisa

Butuh Mobil Baru, Hubungi Dealer Resmi Suzuki Mobil Polman – Sulbar

Jakarta. PolewaliMandar.Net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melanjutkan Rekapitulasi Pemilu 2019 yang menyisakan lima provinsi pada Minggu (19/5). Lima provinsi tersebut adalah Sumatera Utara, Riau, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, rapat pleno rekapitulasi akan dimulai pada pukul 13.00 WIB di ruang sidang yang berada di lantai 2 Gedung KPU. Dalam rapat pleno itu KPU rencananya menyelesaikan rekapitulasi suara tingkat nasional untuk dua provinsi.

“Jadwal yang mereka konfirmasi ke kita, ada tiga provinsi akan datang pagi. Ada yang jam 9 dan ada yang jam 10. Jadi, kita enggak mungkin menjadwalkan pagi,” ujar Arief di Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (18/5).

Kegiatan dilanjutkan pada malam hari dengan dua pleno yang berlangsung secara bersamaan dan lokasi yang berbeda.

Selain merekapitulasi penghitungan suara dari lima provinsi, KPU juga akan merekap hasil pemungutan suara ulang (PSU) Kuala Lumpur, Malaysia. Hasil rekapitulasi PSU Kuala Lumpur akan digabung dengan daerah pemilihan (Dapil) Jakarta II.

Pleno akan dikatakan selesai ketika KPU berhasil merekapitulasi sisa lima provinsi dan PSU Kuala Lumpur hari ini. Namun, kemarin Arief belum bisa memastikan apakah rekapitulasi akan rampung hari ini.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, KPU punya waktu 35 hari dari pemungutan suara untuk menuntaskan rekapitulasi. Setelah itu, KPU akan menetapkan hasil rekapitulasi tingkat nasional. Jika tak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) hingga tiga hari setelahnya, KPU akan menetapkan calon terpilih.

“[Penetapan] sementara masih kita rancang tanggal 22, penetapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara nasional. Setelah ditetapkan kita tunggu tiga hari, apa ada pengajuan sengketa ke MK atau tidak. Kalau ada pengajuan sengketa, maka KPU harus tunggu sampai keluar putusan MK,” kata Arief.

Sampai saat ini, KPU telah merampungkan rekapitulasi suara tingkat nasional untuk 28 dari 34 provinsi dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2019. Jokowi-Ma’ruf mendapat 74.112.839 atau 55,52 persen dari total 133.478.574. Sementara pasangan Prabowo-Sandi meraih 59.365.735 suara atau sebanyak 44,47 persen dari total suara.

 

Editor : Admin

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190518165843-32-396021/kpu-gelar-rekapitulasi-suara-5-provinsi-terakhir-hari-ini?tag_from=wp_cb_pemilu_2019_list

Please follow and like us:
error0

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*