Kenali Gejala Kanker Serviks Saat Keputihan

Butuh Mobil Baru, Hubungi Dealer Resmi Suzuki Mobil Polman – Sulbar

PolewaliMandar.Net – Hampir semua wanita pernah mengalami keputihan. Kondisi ini sering terjadi saat masa subur dan setelah haid. Meski ini sebenarnya gejala normal, namun pada suatu kondisi, keputihan juga bisa menjadi tanda penyakit tertentu, diantaranya adalah kanker serviks.

Bila keputihan tidak seperti biasanya

Bukanlah hal sulit untuk membedakan keputihan yang normal dan yang tidak normal. Keputihan yang normal berwarna putih atau jernih, tidak berbau, jumlahnya tidak banyak, dan hanya berlangsung selama beberapa hari saja. Jenis keputihan ini biasanya terjadi menjelang masa subur dan setelah haid.

Sementara itu, keputihan yang tidak normal, salah satunya disebabkan oleh kanker serviks, ditandai dengan keputihan yang berbau tidak sedap, memiliki warna tertentu, dan tak kunjung membaik. Selain karena kanker serviks, keputihan yang tidak normal juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau parasit.

Untuk membedakan keputihan karena kanker serviks atau karena penyakit lainnya, perlu diketahui beberapa gejala yang lebih sering dirasakan pada kasus kanker serviks, yaitu:

  1. Keputihan disertai dengan bau tidak sedap yang cukup menyengat
  2. Keputihan disertai dengan bercak darah
  3. Perdarahan dari vagina di luar siklus haid
  4. Perdarahan setelah hubungan intim
  5. Perdarahan dari vagina setelah menopause
  6. Nyeri di daerah panggul

Bila gejala-gejala tersebut terjadi, seorang wanita perlu mewaspadai kemungkinan adanya kanker serviks.

Terlebih lagi jika seorang perempuan pernah berhubungan intim dengan lebih dari satu orang, berhubungan intim sejak usia kurang dari 20 tahun, pernah mengalami infeksi menular seksual, atau pernah mengalami infeksi human papilloma virus (HPV), kemungkinan kanker serviks terjadi lebih besar.

 

Editor : Admin

Sumber : https://fajar.co.id/2019/05/17/6-gejala-keputihan-ini-bisa-jadi-tanda-anda-kanker-serviks/

Please follow and like us:
error0

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*