Demonstarn Ricuh, RAISA Siap Diterjunkan

Butuh Mobil Baru, Hubungi Dealer Resmi Suzuki Mobil Polman – Sulbar

PolewaliMandar.Net – Banyak cara yang bisa dilakukan oleh Polri untuk mengurai konsentrasi massa, terutama bagi mereka yang suka rusuh saat demonstrasi. Selain menggunakan gas air mata dan water cannon, Raisa pun menjadi pilihan.

Raisa adalah singkatan dari ‘Pengurai Massa’. Mobil tersebut selalu nampak berkali-kali di acara penting, termasuk Pemilu dan Debat Calon Presiden.

Berdasarkan keterangan Brigpol Nasruddin, anggota Direktorat Sabhara Polda Sulawesi Selatan, Raisa sering diterjukan untuk menghalau masa ketika terjadi kericuhan.

“Mobil Raisa sengaja dipasang untuk mengantisipasi jika terjadi chaos.” kata dia seperti dilansir otosia.com.

Menurut Nasaruddin, ada sebuah alat pengeras suara yang berkekuatan 1.000 watt yang bisa mengeluarkan suara bising dan dapat mengganggu saraf setiap orang yang mendengarnya.

“Kalau diaktifkan, dapat mengganggu saraf melalui indra pendengaran, biasanya bikin mual bahkan sampai muntah.” ucapnya.

Bahkan, para polisi yang melakukan pengamanan juga akan menjadi korban. Nasaruddin mengungkapkan bahwa salah satu atasannya pernah menjadi korban Raisa.

“Kanit saya pernah mual itu karena dengar suaranya.” ungkap dia.

Akan tetapi, terang Nasaruddin, pengeras suara itu hanya digunakan pada kondisi yang sangat genting. Dirinya pun dianjurkan untuk mengimbau massa menggunakan pengeras suara bertenaga 600 watt.

“Ada dua pengeras suara, yang satunya berkekuatan 600 watt dan itu khusus digunakan untuk mengimbau agar massa tidak chaos. sedangkan kalau chaos baru kita pakai yang 1.000 watt,” jelasnya.

Editor : Admin

Sumber : Otosia.com

Please follow and like us:
error0

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*