9 Model Bukaan Pintu Mobil

Butuh Mobil Baru, Hubungi Dealer Resmi Suzuki Mobil Polman – Sulbar

PolewaliMandar.Net -Pintu mobil bisa dikatakan adalah hal yang biasa. Tetapi, komponen ini memiliki banyak model dengan arah bukaan yang bervariasi beserta berbagai kelebihannya masing-masing.

Merangkum dari Otosia.com, setidaknya ada 9 model bukaan pintu mobil, mulai yang paling umum, sampai masih sebatas konsep. Berikut daftarnya.

  1. Konvensional

    

Tipe yang paling sering dijumpai adalah konvensional. Model ini memiliki poros di depan, banyak ditemui pada mobil-mobil harian maupun premium.

2. Slidding Doors

Biasanya model ini diterapkan pada mobil minivan atau minibus. Sliding doors bisa mempermudah akses keluar masuk mobil dan mencegah pintu menyenggol mobil lain atau pun benda di sekitarnya.

3. Suicide Doors

Meski jarang dipakai, model suicide door terbilang cukup keren. Dengan menggunakan poros belakang, tipe ini juga membuat akses keluar masuk mobil menjadi lebih mudah. Model tersebut saat ini diterapkan pada Mazda RX-8 dan produk Rolls Royce.

4. Scissor Doors

Pintu model ini cukup banyak digunakan pada produk Lamborghini sampai kerap disebut sebagai Lambo-doors. Bukaannya unik, yaitu pintu terangkat ke atas berkat adanya engsel khusus.

5. Raptor Doors

Raptor door bisa dibilang adalah pengembangan dari scissor door. Meski terbuka ke atas, model ini mebuat posisi pintu tetap rendah karena bergeser keluar terlebih dahulu sebelum berputar sekitar 90 derajat. Tipe tersebut pertama kali diperkenalkan oleh pabrikan supercar Koenigsegg.

6. Swan Doors

Pengembangan dari pintu konvensional ialah swan doors. Meski tetap menggunakan poros depan dan terbuka ke samping, bagian belakang pintu sedikit ke atas sehingga mengurangi risiko terbentur benda di sekitar, salah satunya trotoar. Contoh mobil yang menggunakan tipe ini adalah Aston Martin DB9, Chevrolet Corvette Stingray, dan Hennessey Venom GT.

7. Butterfly Doors

Cara kerja butterfly doors sebenarnya tak jauh berbeda dengan scssor doors, yaitu terbuka ke atas. Hanya saja, dengan engsel khusus, pintunya jadi terbuka lebih lebar dengan sisi dalam menghadap ke bawah. Beberapa mobil yang menerapkan model ini adalah Mercedes-Benz SLR, McLaren F1, dan Saleen S7.

8. Gullwing Doors

Jenis pintu ini terbilang legendaris lantaran pernah digunakan pada mobil dalam film Back To The Future. Desainnya terinspirasi dari kepakan burung camar. Model ini diterapkan pada Mercedes-Benz 300 SL atau kerap disebut Mercedes-Benz Gullwing dan yang terbaru ialah Tesla Model X.

9. Canopy Doors

Model ini jarang ditemui atau bahkan nampaknya masih belum ada yang menggunakan karena sebatas digunakan pada mobil konsep. Sistemnya mirip pesawat tempur, kaca depan dan atapnya ikut terbuka. Sementara ini, model canopy doors bisa dijumpai pada Maserrati Birdcage 75th 2005 Concept dan Saab Aero-X Concept.

 

Editor : Admin

Sumber : otosia.com

Please follow and like us:
error0

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*