Ratusan Peserta UMPTKIN Mengikuti Seleksi Calon Maba

Butuh Mobil Baru, Hubungi Dealer Resmi Suzuki Mobil Polman – Sulbar

PolewaliMandar.NET – Ratusan  siswa yang berasal dari berbagai sekolah SMA/SMK mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri [UMPTKIN] di Kampus STAIN Majene yang dilaksanakan [28/5] dini hari bertepatan dengan 23 Ramadhan 1440 H.

Menurut Muliadi, S.Sos, M.Sos.I, Wakil Ketua I STAIN Majene menyampaikan bahwa UMPTKIN ini adalah salah satu jalur seleksi nasional untuk masuk PTKIN. Tujuannya adalah untuk menyeleksi dan menjaring calon Mahasiswa Baru yang akan masuk ke salah satu Perguruan Tinggi atau Universitas. Pelaksanaan UMPTKIN di kampus STAIN Majene ini merupakan pelaksanaan yang kedua kalinya. Tahun sebelumnya [2018] juga diikuti oleh ratusan siswa lulusan dari berbagai sekolah.  Tahun ini jumlahnya semakin meningkat. Dalam pelaksanaan UMPTKIN ini ada yang mengikuti seleksi tes tertulis dan ada yang ikut tes lewat komputer.

“UMPTKIN adalah jalur untuk seleksi calon Maba, Thaun lalu kami juga melaksanakan kegiatan ini dan Alhamdulillah peserta untuk tahun ini meningkat.”Ungkapnya kepada PolewaliMandar.Net saat ditemui di ruang kerjanya.

Pelaksanaan UMPTKIN ini dimulai dari pukul  08.00 Wita sampai 13.00 Wita untuk ujian tertulis dan pukul 08.00 Wita -15.00 Wita untuk ujian lewat komputer. Peserta UMPTKIN tersebut diikuti oleh siswa\siswi lulusan dari Pondok Pesantren, Madrasah Aliyah, SMA dan SMK.

Lebih lanjut, Wakil Ketua I STAIN Majene ini menjelaskan bahwa pihak Kampus STAIN Majene telah melakukan persiapan jauh-jauh hari sebelum hari pelaksanaan UMPTKIN. Diantaranya dengan membentuk panitia pelaksanaan dan panitia pengawas ujian dan juga melakukan pengumuman dan sosialisasi pelaksanaan UMPTKIN sehingga pada hari UMPTKIN dilaksanakan kegiatan tersebut berjalan dengan lancar.

“kegiatan berjalan dengan lancar hari ini adalah berkat kerja sama dari semua civitas akademika yang terus melakukan persiapan jauh hari sebelum kegiatan dilaksanakan. diantaranya pengumuman dan sosialisasi sehingga jumlah peserta meningkat.” Tambahnya.

Dalam Kegiatan UMPTKIN ini, Dr. H. M. Napis Djuwaeni, M.A, Rektor STAIN Majene mengharapkan semoga peserta yang mengikuti tes kali ini lulus dan memenuhi syarat.

“Semoga yang mengikuti tes UMPTKIN ini lulus dengan baik dan memenuhi syarat dan kita optimis bahwa semua peserta bisa melakukan yang terbaik. STAIN Majene sendiri ditargetkan 1000 mahasiswa yang akan diterima di tahun 2019.” Ungkapnya.

Dengan berjalannya kegiatan ini dengan lancar, Dr. Ahmad Taqlidul, M.Pd, salah satu pengawas ujian berharap semua siswa bisa lulus.

“Suasananya alhamdulillah tertib dan tenang berjalan sama seperti ujian pada umumnya, semua mahasiswa ujian dengan baik, persiapan panitia juga sudah sangat baik, jadi suasananya lancar-lancar saja namun kendalanya ada pada siswa/siswi yang terlambat membundari jawabannya. Dan harapan saya pribadi sebagai pengawas ujian semoga semuanya lulus.” udemikian diungkapkan Dr. Ahmad Taqlidul, M. Pd., selaku pengawas ruangan ujian sekaligus dosen bahasa inggris di kampus STAIN Majene.

Senada dengan harapan tersebut, para peserta UMPTKIN tersebut berharap bisa lulus dalam mengikuti tes.

“Dalam mengikuti tes tadi, perasaannya biasa-biasa saja, dan untuk hasilnya kita tawakkal saja kepada Allah. Dan harapan terbesar adalah semoga bisa lulus dan melanjutkan pendidikan.” ungkap Muh. Yusuf, salah satu peserta ujian UMPTKIN yg berasal dari MAN 1 Polewali Mandar.

Hasil ujian akan di serahkan kepada panitia pusat di UIN Alauddin makassar dan piohak kampus/ panitia dari STAIN Majene akan menunggu hasil. Pengumuman hasil UMPTKIN akan keluar pada tanggal 1 juli 2019. Harapan dan do’a untuk semua peserta UMPTKIN, semoga hasilnya memuaskan dan bisa melanjutkan pendidikan di jenjang perkuliahan  dan semoga ke depannya bisa menjadi teladan bagi generasi berikutnya.

Laporan : RISMAWATI

Editor : Admin

Please follow and like us:
error0

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*