Istilah Masuk Angin dan Penjelasannya

Butuh Mobil Baru, Hubungi Dealer Resmi Suzuki Mobil Polman – Sulbar

PolewaliMandar.Net – Sebenarnya penyakit masuk angin di dunia kedokteran Indonesia merupakan kumpulan-kumpulan dari berbagai gejala penyakit seperti demam dan flu, dan selanjutnya disimpulkan sebagai masuk angin. Seperti saat anda di ruangan ber-AC selama sehari yang kemudian dibarengi dengan santap siang yang telat, maka perut anda akan mulai merasa kembung dan mual, bahkan terkadang disertai pusing, lalu kemudian anda simpulkan sebagai masuk angin. Padahal bisa jadi kembung dan mual merupakan gejala dari sakit Maag. Di dunia kedokteran barat anda tidak akan menemukan penyakit bernama masuk angin. Hal yang mungkin serupa dengan masuk angin adalah flu ringan, yang juga tidak terlalu serupa pada kenyataannya. Jadi bisa dikatakan bahwa masuk angin hanya milik orang Indonesia saja, jika dilihat secara istilah.

Istilah masuk angin

Indonesia adalah negara tropis yang cukup berangin. Angin sepoi-sepoi di siang hari yang panas tentu menjadi kenikmatan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Lalu apakah masuk angin ada hubungannya dengan cuaca dan iklim di Indonesia? Jawabannya tentu saja tidak ada. Menurut Ibu Melani Budianta seorang Profesor ilmu budaya di Universitas Indonesia, masuk angin adalah istilah yang umum di Asia tenggara, yang tentunya dengan nama yang berbeda-beda. Masuk angin adalah pengetahuan lokal yang kemudian melebur ke dalam budaya, yaitu pengetahuan tentang angin. Karena bagi masyarakat di Asia Tenggara, angin adalah sesuatu yang penting, maka angin kemudian digunakan sebagai metafor.

Berbeda dengan masyarakat di Asia Tenggara, masyarakat Barat biasa mengekspresikan tubuh mereka yang sedang tidak nyaman dengan mengungkapkan penyebab dari perasaan tidak enak tersebut. Maka mereka akan mengatakan ‘saya sedang flu.’ Sedangkan masyarakat di Asia Tenggara mengungkapkannya dengan apa yang mereka rasakan, maka timbullah masuk angin, yaitu perasaan tidak nyaman, kembung, meriang, mual dan pusing.

 

Editor : Admin

Sumber : AkuPaham.com

Please follow and like us:
error0

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*