Menyongsong Pilkada Ulang Istambul Turki

Butuh Mobil Baru, Hubungi Dealer Resmi Suzuki Mobil Polman – Sulbar

PolewaliMandar.NETInternasional, Kenapa pilkada ini penting? Karena sedikit besarnya akan memberi dampak kepada eksis tidaknya erdogan untuk masa periode 2023-2028.

Walaupun jika dibuat simulasi antara Erdogan dan Imamoglu di skala pilpres turki 2023. Erdogan masih menang mutlak diatas 50%.

Pilkada ulang kota istanbul akan dilaksanakan pada tanggal 23 juni besok, setelah pilkada tanggal 31 maret kemarin dianulir KPU turki (YSK) karena ada kecurangan massif.

Debat kandidat walikota akan dilaksanakan pada tanggal 16 juni akhir pekan ini di istanbul, tepatnya di Istanbul Convention Center. Jam 9 malam.(yang mau nonton langsung silahkan ke turki).

Moderator debatnya adalah moderator debat yang sama saat Erdogan dan Deniz Baykal (mantan ketua CHP) maju dalam pemilu 2002.

Calon walikota istanbul yang nanti akan bertarung pada 23 juni ada 4 calon.

  1. Binali Yildirim: Partai AKP
  2. Ekrem Imamoglu: Partai CHP
  3. Necdet Gokcener: Partai Saadet
  4. Mustafa Ilker Yucel: Partai Patriot.

Kalau melihat jajak pendapat terbaru, Yildirim masih bersaing ketat dengan Imamoglu. Suara yang sangat menentukan hasil nanti adalah suara massa mengambang dan suara massa kalangan kurdi.

AKP bekerja ekstra keras untuk memenangkan pilkada ulang ini, mengingat posisi AKP saat ini cenderung kembali menguat diamata rakyat pasca pilkada 31 maret kemarin.

Sedangkan suara CHP terpecah meskipun tidak signifikan, mengingat salah satu partner partai CHP yaitu Saadet partisi memutuskan mencalonkam calon sendiri Necdet Gokcener.

Sekedar info, Necdet Gokcener adalah calon walikota istanbul yang pada pemilu 31 maret lalu hanya meraih 103.000 suara saja.

Hasil kecurangan pemilu 31 maret kemarin disebabkan oleh infiltrasi massa blok Fathullah Gulen yang masuk dalam panitia pemungutan suara. Hal ini saat ini sudah diantisipasi oleh AKP sebagai korban. Agar dalam pemilu ulang nanti, kaki tangan Gulenis bisa diatasi.

Kalau kaki tangan gulenis bisa diatasi dalam pilkada ulang, maka peluang AKP untuk kembali menguasai istanbul bisa jadi akan semakin mudah dan semakin terbuka lebar.

Tengku Zulkifli Usman.
Pengamat GeoPolitik Dunia Islam Internasional

Editor : Admin

Please follow and like us:
error0

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*