4 Manfaat Protein untuk Program Diet
Lifestyle

4 Manfaat Protein untuk Program Diet

Menu makanan yang paling sesuai untuk program diet adalah makanan dengan kadar protein tinggi. Serta makanan yang rendah karbohidrat dan lemak. Manfaat protein sendiri bertanggung jawab atas pada metabolisme tubuh, seperti enzim, hormon hingga perbaikan dan pemeliharaan sel.

The Dietary Reference Intake mengungkapkan bahwa rekomendasi asupan protein per harinya adalah 0,36 gram tiap pon berat badan, atau sekitar 0,8 gram tiap kg. Akan tetapi, mengonsumsi lebih banyak protein akan membantu dalam menurunkan berat badan dan bermanfaat untuk kesehatan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa kegunaan protein yang baik untuk program diet.

1. Mengurangi Nafsu Makan

Makanan dengan kadar protein yang tinggi akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu akan membuat nafsu makan Anda berkurang. Dengan begitu, akan mengurangi asupan kalori harian Anda.

Beberapa penelitian mengungkapkan, bahwa seseorang yang meningkatkan asupan proteinnya, akan membuat asupan kalorinya lebih sedikit. Ya, bisa dibilang asupan protein yang tinggi akan lebih efektif untuk mengurangi asupan kalori.

2. Mengubah Kadar Hormon Pengatur Berat Badan

Hipotalamus merupakan organ vital yang memproses informasi dalam menentukan seberapa banyak jumlah makanan yang dibutuhkan atau kapan harus makan. Sinyal yang nantinya akan dikirim ke otak berupa hormon yang menjadi respon untuk mengkonsumsi makanan.

Nah, untuk meningkatkan kadar hormon yang bisa mengurangi nafsu makan (GLP-1), kolesistokinin, hingga kadar ghrelin yang mengurangi rasa lapar. Dengan berkurangnya rasa lapar akan membuat konsumsi kalori semakin sedikit. Sehingga diet tinggi protein sangat efektif untuk mengurangi berat badan.

3. Membakar Lebih Banyak Kalori

Sekedar informasi, protein itu mempunyai efek termal yang cukup tinggi. Diet tinggi kalori memang cenderung meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan begitu sangat cocok digunakan untuk membakar kalori berlebih sepanjang waktu, bahkan saat tidur sekalipun.

Asupan protein yang tinggi memang terbukti bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh, serta meningkatkan pembakaran kalori lebih dari 80 sampai 100 kalori tiap harinya. Sebab itulah diet tinggi protein akan lebih menguntungkan dibandingkan dengan diet rendah kalori.

4. Mencegah Menyusutkan Massa Otot dan Melambatkan Metabolik

Berat badan menurun bukan berarti lemak dalam tubuh Anda menurun. Bisa jadi massa otot Anda yang berkurang. Sekedar informasi, massa otot yang berkurang adalah efek samping dari penurunan berat badan. Serta efek sampingnya adalah tingkat metabolisme tubuh yang cenderung menurun juga.

Hal inilah yang membuat proses pembakaran lemak lebih sedikit dibandingkan dengan sebelum melakukan program diet. Nah, untuk mencegahnya, Anda bisa melakukan diet tinggi protein untuk mencegah kehilangan massa otot, yang seharusnya akan membantu dalam menjaga tingkat metabolisme tetap terjaga.

Itu dia empat manfaat protein untuk program diet yang Anda jalankan. Akan tetapi, sebelum Anda melakukan program diet tersebut ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis terkait yang lebih paham dengan masalah ini.