Nutrisi Otak Anak untuk Meningkatkan Kecerdasannya
Parenting

Nutrisi Otak Anak untuk Meningkatkan Kecerdasannya

Semua orang tua pastinya menginginkan anak mereka tumbuh sebagai anak yang sehat serta cerdas. Mereka beraharap anak mudah berkonsentrasi serta dapat memahami pelajaran sehingga mencapai prestasi gemilang di sekolahnya. Salah satu cara yang dapat orang tua lakukan yaitu memberikan makanan yang di dalamnya padat gizi untuk si kecil setiap hari.

Tetapi perlu orang tua pahami tak semua makanan terkandung gizi yang baik dan terdapat nutrisi otak anak. Padahal nutrisi tersebut sangatlah penting untuk meningkatkan kecerdasan bagi anak itu sendiri. Dengan demikian orang tua bisa membantu si kecil tumbuh dengan optimal dan ia pun mempunyai kecerdasan yang akan membanggakan mereka.

Jenis Nutrisi yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Pada Otak Anak

Keperluan nutrisi untuk otak si kecil tak hanya penting untuk dipenuhi saat usia perkembangan balita atau di bawah lima tahun. Nutrisi tersebut juga penting untuk orang tua penuhi selama anak dalam masa perkembangan sejak enam sampai sembilan tahun untuk menunjang proses tumbuh kembangnya. Selain itu kemampuan berpikir anak saat menginjak usia sekolah nantinya kian meningkat.

Sebagai orangtua tentunya Anda ingin bisa menunjang perkembangan otak yang sedang anak alami dengan cara memberikan sejumlah makanan kaya nutrisi. Oleh sebab itulah Anda wajib tahu apa-apa saja jenis makanan yang di dalamnya terdapat kandungan nutrisi sesuai kebutuhan si kecil sehingga otaknya menjadi cerdas.

  1. Omega 3 dan 6

Zat omega 3 dan 6 merupakan dua jenis asam lemak yang begitu diperlukan oleh otak si kecil. Apabila orang tua lebih sering mendengar istilah AA dan DHA, kedua istilah nutrisi tersebut adalah bentuk lain dari omega 3 dan 6. Kedua asam lemak ini bisa menunjang perkembangan dalam otak anak sehingga lebih optimal.

DHA adalah bagian dari asam lemak omega 3 yang bisa membangun sebesar 8% dari jumlah berat otak si kecil. Hal tersebut tentunya begitu bermanfaat guna mengoptimalkan fungsi dalam otak si kecil. Karena itulah Anda dapat memberikan susu yang di dalamnya tinggi omega 3, 6, serta DHA agar kecedasannya bisa meningkat. Bukan itu saja bentuk lainnya berupa bermacam ikan yang berminyak.

  1. Zat Besi

Selain kedua asam lemak tersebut, nutrisi lainnya yang diperlukan guna mendukung tahap perkembangan otak serta kecerdasan si kecil yaitu zat besi. Dalam masa pertumbuhannya, buah hati membutuhkan nutrisi tersebut guna meningkatkan kecerdasannya. Dalam sel darah merah, memerlukan asupan zat besi guna mengangkut oksigen ket tiap sel dalam tubuh termasuk bagian otak. Zat besi ini yang nantinya berguna untuk meningkatkan fungsi serta kemampuan dalam otak anak.

Nutrisi yang diperlukan oleh otak anak pada dasarnya sangat banyak mengingat anak dalam masa pertumbuhan. Karena itulah orang tua wajib memberikan nutrisi tersebut demi mendukung tumbuh kembangnya.