Penting, Konsumsi 7 Makanan ini untuk Menyukseskan Program Hamil
Lifestyle

Penting, Konsumsi 7 Makanan ini untuk Menyukseskan Program Hamil

Tidak hanya mempengaruhi kesehatan, makanan juga berpengaruh pada kondisi kesuburan setiap individu. Kondisi kesuburan seseorang dapat menurun apabila mengalami kekurangan zat gizi selenium dan zinc. Oleh karenanya banyak peneliti menganjurkan pasangan yang tengah melakukan program hamil untuk mengonsumsi makanan mengandung selenium dan zinc, termasuk penderita autoimun.

Hasil penelitian mengungkapkan dengan mengatur konsumsi bahan makanan dan mengikuti gaya hidup sehat dapat membantu meningkatkan kondisi subur setiap pasangan suami istri mencapai 69 persen. Tentunya peluang tersebut, Anda juga dapat memperbesar keberhasilan program kehamilan.

Makanan Sehat untuk Program Hamil

Adapun tujuh makanan yang dapat menyukseskan program kehamilan yaitu sebagai berikut.

1. Biji Bunga Matahari

Penelitian mengenai kuaci atau biji bunga matahari mengungkapkan bahwa jenis makanan ini dikonsumsi tanpa garam, sangat kaya akan vitamin E. Kandungan vitamin E dalam biji kuaci menjadi nutrisi yang penting untuk kualitas kesehatan sperma.

Tidak hanya berguna untuk sang suami, biji bunga matahari juga berguna untuk kesuburan istri karena kandungannya kaya akan zinc, asam folat, dan selenium.

2. Keju

Jenis keju seperti parmesan, cheddar tua, dan manchego juga dapat meningkatkan kualitas sperma. Hal ini dikarenakan keju mengandung banyak protein yang biasa ditemukan pada berbagai produk nabati dan juga hewani, atau biasa disebut poliamina. Kandungan putresin dalam keju juga dapat meningkatkan kesuburan telur wanita.

3. Buah Jeruk

Banyaknya kandungan vitamin C pada buah jeruk dapat membantu proses ovulasi bahkan membantu pelepasan sel telur. Selain itu, kandungan potasium, kalsium, dan folat ada pada buah ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan Anda bersama pasangan.

4. Susu Berlemak

Peneliti dari Harvard mengungkapkan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi susu berlemak memiliki kesehatan produksi lebih baik dan memiliki kemungkinan lebih kecuali untuk mengalami permasalahan ovulasi. Hal ini didasarkan pada kandungan yang ada pada susu yaitu banyaknya vitamin A, vitamin E, vitamin D, vitamin K, serta vitamin K2.

5. Hati Sapi

Salah satu makanan yang dapat menyukseskan program kehamilan Anda adalah hati sapi. Kandungan vitamin A dan zinc di dalamnya mencegah kemungkinan keguguran hingga anemia bagi pasangan. Selain itu, vitamin B12 juga meningkatkan produksi sel darah merah. Kandungan kolin, asam lemak, omega 3 dan folat juga mampu meningkatkan kesuburan.

6. Asparagus

Sebuah penelitian menunjukan bahwa satu gelas sajian asparagus terdapat 100% kebutuhan vitamin K, 60% kebutuhan asam folat, 20% kebutuhan vitamin A, vitamin C, dan vitamin B harian seseorang. Tentunya bahan makanan ini juga termasuk dalam daftar wajib untuk Anda konsumsi.

7. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan memang miliki kandungan serat sangat tinggi. Selain serat, makanan ini juga terkandung folat untuk meningkatkan kesuburan pasangan program kehamilan. Ada juga Lentil yang dapat menunjang pembuahan sel telur oleh sperma.

Itulah ketujuh jenis makanan dapat membantu menyukseskan program hamil. Ada baiknya juga untuk dikonsultasikan dengan dokter kepercayaan Anda. Semoga membantu. Bagi Anda yang memiliki penyakit lupus yang merupakan jenis penyakit autoimun pun tetap memiliki peluang hamil yang sama besar untuk hamil.